• 1

    Description slide 1

  • 2

    Description slide 2

  • 3

    Description slide 3

  • 4

    Description slide 4

Pensiun merupakan masa yang identik dengan penurunan produktifitas yang terkait dengan penurunan kondisi finansial. Oleh karena itu ada “nasehat” yang beredar di masyarakat, masa pensiun di rumah saja.

 

Kata “pensiun” juga seringkali diartikan sebagai suatu masa yang masih lama, mungkin 20-30 tahun ke depan. Masih jamak terjadi di masyarakat kita tidak ada yang mengatakan persiapan masa pensiun dilakukan sejak dini. Hal ini diperburuk dengan kondisi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mayoritas memberikan Pembekalan Masa Pensiun atau Masa Persiapan Pensiun menjelang berakhirnya masa bakti karyawan. Hampir semua perusahaan besar memberikan kelas khusus kepada karyawannya menjelang purna tugas (biasanya 1-3 tahun)dengan harapan setelah memasuki masa pensiun maka akan tetap dapat produktif secara finansial.

 

Kondisi ini tentu saja telah terlambat. Sebagaimana kisah beberapa karyawan perusahaan multinasional yang pernah kami temui, mereka bercerita semua pelajaran dalam kelas Masa Persiapan Pensiun (MPP) tidak dapat dilakukan mengingat secara fisik mereka tidak terbiasa untuk bergerak diluar kebiasaan sebagai karyawan. Mereka sepakat dengan pendapat yang kami kemukakan, bahwa persiapan masa pensiun idealnya bukan beberapa tahun menjelang pensiun, tetapi sebaliknya, beberapa pensiun setelah memulai masa kerja.

 

Ya benar, sebaiknya kita mempersiapkan masa pensiun sejak satu-tiga tahun setelah memulai masa kerja bukan satu dua tahun sebelum masa purna tugas.

 

Bagaimana cara mempersiapkan masa pensiun yang cerdas?

Apa bisnis yang layak dilakukan pensiunan ?

 

Ikuti terus tulisan kami disini, ya… J

 

*It’s time paper asset works for us